Anggota Perpustakaan Palnam, dari Pejabat hingga Artis Nasional

Sebagai salah satu perpustakaan terbaik se-Indonesia, Perpustakaan Palnam di bawah naungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), terus memberikan layanannya untuk mendekatkan buku kepada masyarakat dengan bermacam program.

Selain dengan meminjamkan buku ke berbagai lembaga pemasyarakatan, instansi, dan pelosok desa, Dispersip Kalsel juga aktif dan konsisten menggelar seminar dalam jaringan, dengan mengundang penulis Banua hingga artis, untuk meningkatkan budaya literasi dan pengetahuan masyarakat dengan beragam tema.

Dispersip Kalsel yang dipimpin Bunda Nunung (sapaan akrab Hj. Nurlani), juga aktif menggandeng dan bersinergi dengan banyak instansi lain, untuk bersama-sama mempromosikan minat baca, hingga menemui dan mengajak petinggi atau pimpinan mitranya tersebut ke perpustakaan.

“Mungkin Dispersip Provinsi Kalsel satu-satunya di Indonesia yang dikunjungi rektor, Danrem, banyak artis, dan penulis-penulis ternama tanah air,” papar Kepala Dispersip Kalsel melalui siaran persnya kepada jurnalkalimantan.com, Jumat (15/01/2021).

Tidak hanya diajak untuk berkunjung, semuanya juga diminta menjadi pembicara, agar dapat berbagi berbagi informasi dan pengetahuan kepada khalayak.

“Mereka tidak cuma sekadar berkunjung, tapi sekaligus jadi narasumber gelar wicara yang kita agendakan, sekaligus juga mendaftar dan menjadi anggota perpustakaan hingga diberita Kartu Tanda Anggota,” tambah ibu yang ramah ini.

Ia melanjutkan, selain Rektor Universitas Lambung Mangkurat, yang baru-baru tadi menjadi anggota perpustakaan milik pemerintah daerah ini, juga banyak pejabat, seperti Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia; penulis dan sutradara terkenal, Habiburrahman El Shirazy (Kang Abik); Dee Lestari; Marcella Simon; Nadia Mulya (artis, presenter, dan penulis); budayawan sekaligus motivator, Prie GS; dan lainnya, yang ikut menjadi anggota Perpustakaan Palnam.

Sumber : jurnalkalimantan.com