Andi Arsyil Rahman Berbagi Pengalaman di Sedaring Dispersip Kalsel

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), menggelar seminar dalam jaringan (sedaring) bertajuk “Literasi Pintu Gerbang Kreativitas”, dalam rangka peringatan Hari Buku Sedunia, dengan menghadirkan penulis muda terkenal, Andi Arsyil Rahman.

Kepala Dispersip Kalsel, Hj. Nurliani, merasa bersyukur atas hadirnya aktor nasional tersebut, mengingat sudah diagendakan satu tahun lalu secara langsung, namun karena pandemi, harus dilaksanakan secara virtual. “Semoga nanti Andi Arsyil bisa datang langsung ke Dispersip Kalsel,” ungkap Hj. Nurliani, saat memberikan sambutan, Jumat (23/04/2021).

Dalam paparannya, Andi Arsyil memyampaikan, minat baca masyarakat Indonesia sebenarnya tinggi, namun hal tersebut tidak diiringi dengan daya baca.  “Bisa dilihat di medsos hari ini. Tapi daya bacanya rendah. Kalau lihat buku yang tebal, sudah menyerah,” ucap pemeran film tukang bubur naik haji tersebut.

Banyak hal yang disampaikannya pada ratusan peserta di kegiatan ini, seperti tentang pengalaman bergelut dengan buku, menuangkan ide ke dalam tulisan, mengatasi perasaan jenuh atau bosan, hingga memanfaatkan waktu, dan lainnya.

Peserta yang ikut hadir secara virtual dalam acara ini, tidak hanya dari Banua, namun juga dari luar Pulau Kalimantan.  “Sangat senang dan bangga sekali dapat bertutur langsung dengan Bang Andi Arsyil, dan terima kasih kepada Dispersip Kalsel yang memfasilitasi hal ini,” ungkap salah satu peserta, Arif Rachman, dari Kabupaten Tanah Bumbu.

Di akhir kegiatan, Bunda nunung (sapaan akrab Kadispersip Kalsel) menyerahkan serifikat secara virtual kepada Andi Arsyil, Puja Mandela sebagai moderator, dan Arif Rachman, perwakilan peserta.

Sumber:jurnalkalimantan.com