Akhirnya Pusling Bisa Membarui Buku di Rutan Kelas IIB Pelaihari

Banjir yang mengakibatkan salah satu jembatan di Kecamatan Pelaihari terputus beberapa waktu yang lalu, membuat tim pelayanan Perpustakaan Keliling (Pusling) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), baru dapat mengganti bahan bacaan di perpustakaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut.

Pergantian buku ini sebagai bentuk sinergi untuk meningkatkan minat baca warga binaan, yang telah berjalan secara berkesinambungan, agar bahan bacaan selalu baru.  “Iya merolling buku, sudah lama kita tidak dapat mengganti, lantaran kemarin ketika dijadwalkan untuk ke sana, kita mendapat musibah banjir, hingga terkendala jembatan yang sempat putus,” ungkap Kepala Dispersip Kalsel, Hj. Nurliani, melalui siaran persnya, Rabu (24/02/2021).

Rutan yang berada di Jalan Sarang Halang ini, didatangi langsung Kepala Seksi Pelayanan dan Kerjasama Perpustakaan Dispersip Kalsel, Hj. Ermawati, bersama beberapa stafnya.

Selain membawa dan mengganti ratusan buku bacaan yang terdiri dari berbagai genre, dalam kesempatan ini pihaknya sekaligus membimbing pengelola perpustakaan setempat, tentang penataan buku yang ada, agar mempermudah pemustaka untuk mencari buku yang diinginkan.

Sementara Kepala Rutan Pelaihari, Budi Suharto, mengaku senang atas kunjungan ini, guna menjalin silaturahmi dan mendukung minat baca warga binaan yang cukup tinggi, sehingga perlu difasilitasi.  “Kami mengupayakan tersedianya buku bacaan untuk mereka, guna terus meningkatkan literasi di lingkungan ini,” ungkapnya.

Usai menyerahkan buku, Staf Pelayanan Dispersip Kalsel dan jajarannya, juga diajak berkeliling melihat hasil kebun yang digarap warga binaan, hingga memetik buah yang ada di kebun tersebut.

Sumber:jurnalkalimantan.com