Adakan Talkshow Virtual”Kelola Tanaman dengan Cinta untuk Kebahagiaan” Dispersip Kalsel Ingin Keterampilan Si Penanam Ditingkatkan

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan telah sukses dan lancar mengadakan Talkshow Virtual lagi. Dengan mengambil Tema Kelola Tanaman dengan Cinta untuk Kebahagiaan. Kegiatan ini dilaksanakan Pada hari Rabu tanggal 19 Agustus 2020. Kemarin.

Kepala Dispersip Kalsel Hj Nurliani Dardie mengatakan Kegiatan TalkShow ini merupakan gagasan untuk mengupas fenomena ditengah kondisi Pandemi, masyarakat di Kalimantan Selatan baik perempuan maupun laki-laki dilanda trend berkebun, memanfaatkan work from home di pekarangan dan halaman rumah.

Oleh karena itu, Dispersip Kalsel berinisiatif untuk mengumpulkan para pencinta tanaman hias untuk bergabung secara virtual dalam rangka Talk Show sekaligus Bimtek online dengan mengangkat tema “Kelola Tanaman Dengan Cinta Untuk Kebahagiaan”,dengan menghadirkan Narasumber yang berkompeten dibidangnya.

Kita berharap, perpustakaan daerah terus memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat

Hal ini bukti nyata bahwa Dispersip Kalsel menjalankan amanah perpustakaan berbasis inklusi sosial, agar masyarakat yang perekonomiannya terkena dampak pendemi bisa menyalurkan hobi guna memanfaatkan waktu yang luang menggeluti usaha lain seperti budidaya tanaman hias yang juga sangat menggiurkan dari sisi pendapatan dan yang tak kalah pentingnya dari sisi kebahagiaan yang didapatkan. “Sehingga dengan melakukan itu masyarakat/Si Penanam bisa memperoleh pengetahuan praktis untuk meningkatkan keterampilan sehingga di harapkan juga kesejahteraan mereka jadi meningkat,”ujar Bunda Nunung Panggilan akrabnya Kepala Dispersip Kalsel kepada tajam.news, Kamis (20/8).

Kemudian, sudah tentu perpustakaan ini harus menjadi ruang publik untuk berbagi pengalaman belajar secara kontekstual dan terus berlatih serta keterampilannya dan kecakapan kerjanya perlu ditingkatkan kedepannya. “Kita berharap, perpustakaan daerah terus memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat, dengan diadakannya Talk Show Virtual ini juga bisa berikan manfaat untuk kita semua nantinya,”harapnya.

Sementara itu, Praktisi Pertanian Nove Arisandi, S.P., M.P sekaligus narasumber kegiatan ini, saya pribadi mengucapkan terima kasih banyak kepada Kepala Dispersip Kalsel beserta tim, yang beinisiatif mengumpulkan kami para pencinta tanaman hias untuk bergabung secara virtual dalam rangka Bimtek online dengan tema “Kelola Tanaman Dengan Cinta Untuk Kebahagiaan”.

“Tentunya, acara seperti ini telah menyediakan panggung/wadah untuk kami untuk berbagi pengetahuan seputar tanaman hias agar para pencinta tanaman hias yang masih pemula tidak salah kaprah,”katanya.

Sedangkan, Dosen Prodi Psikologi Fakultas Kedokteran ULM Neka Erlyani, S.Psi, M.Psi, menyampaikan, Kegiatan webinar ini adalah suatu inovasi yang sangat menarik dari kepala dinas perpustakaan dan arsip provinsi kalsel beserta tim, karena menyajikan wawasan sesuai trend kekinian dimasyarakat saat pandemi.

“Jadi masyarakat memerlukan referensi informasi yang ringan dan aplikatif untuk mampu mengelola emosi di tengah situasi ketidakpastian melalui aktivitas memelihara tanaman di rumah misalnya, agar bisa dimanfaatkan oleh mereka buat nambah penghasilan sehari-hari,”ungkapnya.

Selanjutnya, Ketua Perhimpunan Hortikultura Indonesia Komda Kalsel, Koordinator Magister Agronomi Faperta ULM Ibu Dr.Hilda Susanti, S.P., M.Si sekaligus sebagai moderator kegiatan ini menambahkan, Talkshow virtual ini sungguh persembahan yang luar biasa dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan karena telah memadukan wawasan yang sangat berharga dari praktisi pertanian dan Phisikolog.

“Semoga kegiatan ini dapat memberikan spirit kepada masyarakat untuk mengelola tanaman dengan sepenuh hati dan cinta agar terjadi sinergi luar biasa “sehat tanamannya dan sehat jiwa raga si penanamnya,”terangnya.

tajam.news