Agenda Wisata Literasi dan Pengabdian Masyarakat 2021 Terus Dipersiapkan Dispersip Kalsel

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (11/1) bertempat di Aula Depo Arsip (Belakang Balai Kota Banjarbaru) menggelar Rapat Persiapan Pendahuluan Kegiatan Wisata Literasi dan Pengabdian Masyarakat 2021, Layanan Keliling (Trail Pustaka) yang rencananya akan dilaksanakan di Desa Belangian Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar. Rapat dipimpin oleh Kepala Dispersip provinsi Kalsel Nurliani didampingi Sekretaris Dinas M Ramadhan.

Usai rapat Kepala Dispersip provinsi Kalsel Nurliani menyampaikan, kegiatan wisata literasi ini merupakan kali pertama yang dilakukan pihaknya, oleh karenanya banyak hal yang harus dipersiapkan untuk kegiatan ini. “Ada sekitar 60 sampai 70 orang yang akan dilibatkan pada kegiatan ini. Dengan bersinergi bersama TNI Polri, media dan lembaga pendidikan, kami berharap kegiatan ini dapat menjadikan Kalsel cerdas,” jelas Bunda Nunung (sapaan akrab Kepala Dispersip Kalsel).

Sementara itu, Kasat Binmas Polres Banjar Amalia AFF mengaku siap ikut serta dalam kegiatan wisata literasi ini. “Kegiatan ini sejalan dengan polres Banjar, yang merupakan polres ramah anak. Jadi kami pastinya akan ikut serta dalam kegiatan ini. Salah satu yang akan kami hadirkan pada kegiatan ini nantinya adalah mendongeng dengan boneka muppet Arjuna dan Srikandi,” ucap Amalia

Bukan hanya polres Banjar, penyambutan yang baik akan adanya kegiatan ini juga disampaikan perwakilan Kodim 1006 Martapura. Danposramil Aranio, Anjar Gunawan yang turut hadir dalam rapat persiapan tersebut menyampaikan, pihaknya siap mendukung kegiatan ini. “Kami siap membantu mengkoordinasikan segala keperluan di sana selama kegiatan berlangsung. Kami juga turut serta untuk memberikan materi bela negara,” jelas Anjar.

Perwakilan dari Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari (UNISKA) Banjarmasin pun juga tengah melakukan persiapan terkait keikutsertaan pihaknya pada kegiatan ini. Abdul Hafiz, dosen Fakultas Studi Islam UNISKA Banjarmasin menyampaikan pihaknya sudah menyiapkan terkait keikutsertaannya dalam kegiatan ini. “Ada tiga aspek yang akan kami lakukan disana. tiga itu adalah  uniska mengabdi, uniska mengajar dan uniska mengaji. Dengan uniska mengabdi, kami akan menggelar lomba untuk anak dan pelatihan untuk guru-guru yang ada disana.  Sementara untuk uniska mengajar, mahasiswa kami akan mengajar di SD di Belangian. Dan untuk uniska mengaji, kami akan memberikan pembelajaran mengaji seperti iqro, ataupun buku-buku agama lainnya,” jelas Hafiz panjang lebar.

Untuk diketahui, kegiatan Wisata Literasi dan Pengabdian Masyarakat 2021 ini rencananya akan berlangsung selama tiga hari, yakni pada 28 – 30 Januari 2021 mendatang.

abdipersadafm.co.id