6 Talkshow Virtual Dispersip Kalsel yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Dinas perpustakan dan kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan seperti tiada lelahnya memacu gairah literasi di banua Banjar. Setelah sebelumnya mengadakan talkshow virtual bersama Najwa Shihab dan lainnya yang dilaksanakan secara beruntun, kini masih ada enam agenda yang sudah dijadwalkan di penghujung tahun 2020 ini. Tentunya, di masa pandemi saat ini, semua agenda yang terjadwal tersebut dilaksanakan secara virtual dan tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19. Berikut 6 agenda yang sudah dijadwalkan, jadi harap diingat agar kalian tidak ketinggalan:

Bimtek online dengan para pecinta tanaman hias (19 Agustus 2020)

Dengan mengangkat tema “Kelola Tanaman Dengan Cinta Untuk Kebahagiaan” bimtek ini bertujuan untuk mengumpulkan para pecinta tanaman hias bergabung secara virtual. Diadakannya bimtek tersebut dikarenakan banyaknya warga Banua yang beraktivitas di rumah akibat pendemi. Salah satu cara untuk menghindari rasa bosan, adalah dengan merawat tanaman dari rumah.

Bimtek tersebut akan dipandu oleh Dr. Hilda Susanti, S.P., M.Si, Dispersip juga menghadirkan Psikolog ternama di Kalimantan Selatan yaitu Neka Erlyani, S.Psi,, M.Psi., serta Psikolog dan Praktisi dibidang pertanian dan juga merupakan Penelaah Difusi dan Alih Teknologi Pertanian yaitu Nove Arisandi, S.P., M.P.

Peluncuran dan Diskusi Virtual Buku “Masjid-masjid Bersejarah di Kalimantan Selatan” (27 Agustus 2020)

Dispersip Kalsel selalu berkomitmen untuk mengangkat khazanah budaya lokal. Kalau tahun-tahun sebelumnya pihaknya menerbitkan buku Aneka Kuliner Khas Kalimantan Selatan dan Mozaik Sejarah Banjar, kali ini tentang masjid-masjid tua yang memiliki nilai historis panjang.

Buku karya Aliansyah Jumbawuya dan Ahmad Barjie ini akan diulas oleh Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kalsel, HM. Fadhly Mansoer, MM, dengan moderator Randu Alamsyah. Selain itu, Peserta dapat berpartisipasi aktif lewat aplikasi zoom lewat registrasi link yang disediakan panitia.

Agenda ini bertujuan agar khalayak luas khususnya generasi muda banua Banjar, menjadi tahu bagaimana kegigihan tetuha bahari mengupayakan berdirinya sebuah masjid, meski di tengah serba keterbatasan dana dan peralatan teknologi serta berbagai cerita kekeramatan yang menyertai proses awal pembangunan maupun setelah berdirinya masjid.

Talkshow Virtual “Tren Dekorasi Dengan Serat Alami, Peluang Usaha Di Tengah Pandemi” (1 September 2020)

Mengawali September, Dispersip Kalsel akan mengadakan Talkshow Virtual “Tren Dekorasi Dengan Serat Alami, Peluang Usaha Di Tengah Pandemi” yang akan dibuka langsung oleh Kepala Dispersip Kalsel, Dra. Hj. Nurliani, M.AP. Selain itu, Dispersip akan menghadirkan Martha Krisna,ST (Pemilik Galleria Kriya UMKM Pelaku Usaha Kerajinan) sebagai narasumber dan akan dimoderatori oleh Wildan Akhyar , SE, M.Si (Kabid Pelayanan & Pembinaan Dispersip Prov.Kalsel).

Registrasi pendaftaran untuk peserta agenda ini adalah gratis alias tidak dipungut biaya sepeserpun, bagi kalian yang ingin mendaftar silakan isi pada link :
https://bit.ly/PendaftaranTVMK

Talkshow Virtual “Teratai, Bunga Rawa Sejuta Pesona” (7 September 2020)

Dalam talkshow tersebut Dispersip Kalsel akan menghadirkan 3Srikandi Rawa yaitu Dr. Ir. Rita Khairina, M.P (Dosen Prodi Teknologi Hasil Perikanan FPK ULM), Dr. Yuspihana Fitrial, S.Pi., M.Si (Dosen Prodi Teknologi Hasil Perikanan FPK ULM) dan Bakti Nur Ismuhajaroh, S.P., M.P. Nantinya berbagai topik akan dibahas dalam Talkshow tersebut diantaranya tentang sejarah dan pengolahan teratai dan kandungan gizi.

Dispersip Kalsel menginginkan dengan adanya talkshow ini masyarakta dapat mengetahui tentang potensi bunga teratai yang saat ini terabaikan begitu saja padahal potensi bunga teratai untuk kesejahteraan masyarakat banua sangat menjanjikan.

Talkshow Virtual “Sumber Daya Genetik Tanaman Lokal” (9 September 2020)

Dalam Talkshow ini terbuka untuk umum via Zoom dengan kouta 1000 orang, untuk pendaftaran silakan klik link:
https://bit.ly/PendaftaranTVSDGTanlok

Talkshow Virtual “Perkarangan Rumah Sumber Gizi Keluarga” (19 September 2020)

Sebagaimana yang diketahui, di masa pandemi saat ini kita diharuskan melakukan aktivitas di rumah. Sebisa mungkin mengisi kegiatan di rumah dengan hal positif slaah satunya dengan bertanam, selain menghilangkan kebosanan tentunya dengan bertanam kita juga dapat memenuhi kebutuhan gizi kita dan keluarga selama masa pandemi ini.

Dalam hal itu, Dispersip Kalsel akan mengadakan talkshow yang mengangkat tema “Perkarangan Rumah Sumber Gizi Keluarga” dengan menghadirkan narasumber Nove Arisandi, S.P., M.P. yang akan menjelaskan berbagai tanaman yang akan menjadi sumber gizi.

Itulah beberapa agenda ke depan dari Dispersip Kalsel yang sangat sayang untuk kamu lewatkan. Jangan lupa gabung ya.

banaranmedia.com